Langsung ke konten utama

PEMASARAN BUKU

Hari /Tanggal : Jum'at / 19 November 2021

Narasumber   : Agus Subardana.,M.M

Moderator      : Ms. Phia

Pertemuan      : Ke-21


Bismillahirrohmanirrohim
    Alhamdulillah pertemuan ke-21. Kalau hitung-hitungan seperti ini, ingat bulan Ramadhan ya..😊. Dipelatihan belajar menulis ini kami didampingi Ms.Phia. Beliau adalah moderator andal menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol. Miss Phia alumni gelombang 20 dan merupakan alumni pertama yang menerbitkan buku hasil resume dalam bahasa Inggris. Wahhh Super sekali👍.  Narasumber hebat malam ini adalah bapak Agus Subardana, M.M. Kiprah beliau di penerbit Andi yogyakarta sudah 17 tahun. Beliau malam ini akan mengulik tentang Pemasaran Buku.
    Siapa nyana badai covid melanda dunia, semua kena imbasnya, termasuk Indonesia. Maret 2020 covid masuk Indonesia, semua sektor lumpuh termasuk sektor ekonomi, tidak terkecuali usaha penerbitan buku.

👉Dampak usaha penerbitan buku akibat covid.

1. Toko buku banyak yang tutup.
2. Pengunjung ke toko sangat sedikit, karena batasan dari pemerintah.
3. Penurunan omset toko buku akibat dampak covid mulai 60%  sd  90%.
4. Pelaku penerbitan buku membatasi judul buku yang terbit.
5. Banyak yang bangkrut alias gulung tikar.
6. Pemasaran buku secara langsung, sementara tidak bisa dilakukan. Sehingga tidak maksimal dalam menawarkan produk buku.
7. Semua pelanggan baik masyarakat umum atau Instansi mengurangi anggaran buku dan dialihkan ke anggaran covid.

👉Strategi pemasaran buku 

Strategi didalam memasarkan buku dipetakan menjadi 2, yaitu : 

1. Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )

Pentingnya transformasi digital 

Era ini ditandai minimnya sentuhan fisik. Strategi yang dipakai adalah digital marketing, dengan alasan biaya relatif terjangkau / murah, daya jangkau sangat luas dan cepat,  mudah menentukan target buku yang dipasarkan, komunikasi dengan konsumen juga mudah dan lain-lain.
Untuk penjualan buku lewat Online, kita harus terus proaktive untuk terus promosi , Agar :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit 
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

2. Strategi Pemasaran buku melalui serangan darat ( Off line)

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

 Melalui saluran distribusi toko buku

Distribusi toko buku dipetakan menjadi toko buku modern, toko buku semi modern dan toko tadisional.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dan lain-lain )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

Strategi Pemasaran dengan Directselling 

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . 
Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) . 
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum , Biro umum dan lain-lain.
- Kunjungan langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi  untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor .
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

    Banyak strategi dalam memasarkan buku, dan tentunya strategi ini akan terus berkembang. Tenaga pemasaran buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang berdampak sekali  dalam  mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Dukungan dari semua pihak, termasuk dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku dapat menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
    Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia. Mari kita tingkatkan minat baca, dimulai dari diri kita dan orang-orang sekitar.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulislah, karena kita mempunyai potensi itu.

  . Hari ini, senin 4 oktober 2021 merupakan pertemuan perdana pelatihan menulis secara online melalui Whatsapp group. Menjadikan menulis sebagai   passion merupakan Topik yang dibahas dalam pertemuan ini. Narasumber yang memberikan materi adalah Dra.Sri Sugiastuti, M.Pd dan bertindak sebagai moderator adalah ibu Maesaroh. Dalam webinar yang   yang dimulai pukul 19.00 WIB, narasumber memberikan materi melalui voice note wa, chat dan juga slide PPT. Ada 27 pertanyaan yang diajukan peserta dan dijawab dengan bahasa yang mudah dimengerti peserta. Menulis merupakan keterampilan. Semua orang bisa menulis dan semua orang punya potensi itu.   Tidak ada batasan usia untuk memulai menulis. Merasa tidak bakat menulis,   tidak memiliki waktu, tidak memiliki ide, tidak suka menulis dan tidak mau dikritik merupakan faktor penghambat dan kendala dalam menulis. Dengan niat dan kesadaran bahwa setiap orang punya potensi dan bisa mengembangkan potensi itu maka hambatan dan k...

Membongkar Rahasia Menulis Hingga Menerbitkan Buku

Hari / tanggal           : Jum'at/08 Oktober 2021 Narasumber             : Rita Wati, S.Kom. Moderator                : Dail Ma'ruf Pertemuan                : Ke-3      Semakin hari, aku sudah mulai menemukan keasyikan dalam pelatihan ini. Berharap tidak seperti dua pertemuan sebelumnya yang diwarnai drama padamnya listrik. Setelah melayani pembeli, aku bergegas mengambil Handphone dan membuka grup whatsapps belajar menulis, aku mulai menyimak disela kesibukanku sebagai seorang ibu dua orang anak.     Moderator mulai menyapa kami dengan ramah.  Pada pertemuan malam ini pak Dail ma'ruf bertindak sebagai moderator. Membongkar rahasia menulis hingga menerbitkan buku adalah topik yang dibahas pada malam ini dengan narasumber ibu Rita wati, S.Kom. Decak kagum menghampiri tatkala melihat CV bu Rita, tak hanya sebagai g...

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Hari / tanggal   : Senin/11 Oktober 2021 Narasumber     : Noralia Purwa Yunita, M.Pd Moderator         : Rosminiyati Pertemuan      : Ke-4      Jika pertemuan sebelumnya disarankan untuk menggunakan dua gawai agar mempercepat proses dalam menulis. Untuk hari ini akupun melakukan hal yang sama. Tetapi satu gawai aku gunakan untuk menyimak materi dan satu gawai lainnya kugunakan untuk menonton PON .  Pesona PON XX yang diadakan di Papua ini begitu menghipnotisku, sayang rasanya acara yang seharusnya diadakan  pada tahun 2020 tetapi karena corona diundur di tahun 2021, aku lewatkan begitu saja. Menonton acara olahraga merupakan sesuatu hal yang wajib untukku. Dikala kecil aku dicekokin dengan suguhan sepakbola oleh ayahku, karena beliau pemain dan penggila bola. Akhirnya saat remaja aku menjadi suporter wanita di Stadion 17 Mei Banjarmasin, apalagi adikku kebetulan seorang atlet, semakin kuat alasanku untuk dat...