Langsung ke konten utama

PEMASARAN BUKU

Hari /Tanggal : Jum'at / 19 November 2021

Narasumber   : Agus Subardana.,M.M

Moderator      : Ms. Phia

Pertemuan      : Ke-21


Bismillahirrohmanirrohim
    Alhamdulillah pertemuan ke-21. Kalau hitung-hitungan seperti ini, ingat bulan Ramadhan ya..😊. Dipelatihan belajar menulis ini kami didampingi Ms.Phia. Beliau adalah moderator andal menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol. Miss Phia alumni gelombang 20 dan merupakan alumni pertama yang menerbitkan buku hasil resume dalam bahasa Inggris. Wahhh Super sekali👍.  Narasumber hebat malam ini adalah bapak Agus Subardana, M.M. Kiprah beliau di penerbit Andi yogyakarta sudah 17 tahun. Beliau malam ini akan mengulik tentang Pemasaran Buku.
    Siapa nyana badai covid melanda dunia, semua kena imbasnya, termasuk Indonesia. Maret 2020 covid masuk Indonesia, semua sektor lumpuh termasuk sektor ekonomi, tidak terkecuali usaha penerbitan buku.

👉Dampak usaha penerbitan buku akibat covid.

1. Toko buku banyak yang tutup.
2. Pengunjung ke toko sangat sedikit, karena batasan dari pemerintah.
3. Penurunan omset toko buku akibat dampak covid mulai 60%  sd  90%.
4. Pelaku penerbitan buku membatasi judul buku yang terbit.
5. Banyak yang bangkrut alias gulung tikar.
6. Pemasaran buku secara langsung, sementara tidak bisa dilakukan. Sehingga tidak maksimal dalam menawarkan produk buku.
7. Semua pelanggan baik masyarakat umum atau Instansi mengurangi anggaran buku dan dialihkan ke anggaran covid.

👉Strategi pemasaran buku 

Strategi didalam memasarkan buku dipetakan menjadi 2, yaitu : 

1. Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )

Pentingnya transformasi digital 

Era ini ditandai minimnya sentuhan fisik. Strategi yang dipakai adalah digital marketing, dengan alasan biaya relatif terjangkau / murah, daya jangkau sangat luas dan cepat,  mudah menentukan target buku yang dipasarkan, komunikasi dengan konsumen juga mudah dan lain-lain.
Untuk penjualan buku lewat Online, kita harus terus proaktive untuk terus promosi , Agar :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit 
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

2. Strategi Pemasaran buku melalui serangan darat ( Off line)

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

 Melalui saluran distribusi toko buku

Distribusi toko buku dipetakan menjadi toko buku modern, toko buku semi modern dan toko tadisional.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dan lain-lain )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

Strategi Pemasaran dengan Directselling 

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . 
Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) . 
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum , Biro umum dan lain-lain.
- Kunjungan langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi  untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor .
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

    Banyak strategi dalam memasarkan buku, dan tentunya strategi ini akan terus berkembang. Tenaga pemasaran buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang berdampak sekali  dalam  mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Dukungan dari semua pihak, termasuk dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku dapat menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
    Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia. Mari kita tingkatkan minat baca, dimulai dari diri kita dan orang-orang sekitar.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAMAN BACAAN YANG MENGINSPIRASI

Hari /Tanggal : Jum'at / 10 Desember 2021 Narasumber   : Bambang Purwanto Moderator      : Ms. Phia Pertemuan      : Ke-30  Bismillahirrohmanirrohim.     Pertemuan ke-30 malam ini ditutup dengan tema yang menarik, yaitu tentang Mengelola Taman Bacaan. Melihat tema yang ada di flyer ini, mengingatkanku akan keinginanku di tahun 2007-2008. Yap..ditahun itu ingin sekali mempunyai tempat membaca keliling dari kampung ke kampung, karena saat mendampingi suami berdinas jauh dari kota dan toko bukupun tidak ada. Pada tahun 2009 aku yang tadinya ibu rumah tangga diterima sebagai seorang PNS dan mengabdikan diri sebagai seorang pendidik. Kesibukanku sebagai guru dan  mengurus dua buah hati yang akhirnya membuyarkan inginku.  Keinginan itu rupanya hanya keinginan semata, sampai sekarang belum terwujud.  A. Sejarah Berdirinya Taman Bacaan Masyarakat Ayah Salwa       Alhamdulillah, pada pertemuan ke-30 ditemukan dengan seorang sosok  inspiratif walau melalui daring. Beliau adalah Bambang Purwa

Sapaan pertamaku

 Assalamualaikum Wr. Wb. Salam kenal.. Apa kabar ? Semoga kebahagian dan kesehatan selalu menyertai kita. Yaapp.. sehat, mungkin kata-kata itu selalu yang kita aminkan disaat sekarang ya.. Pergi kepasar membeli babat Tidak lupa membeli kuini Halo kawan kawanku yang hebat Perkenalkan saya Yeni andriani Sedikit perkenalan dari saya, Anak borneo yang terdampar di  pulau bangka. Walau tidak memiliki saudara dipulau ini, saya dikelilingi orang-orang yang bertabur kasih, yach.. "teman rasa saudara" mungkin begitu istilah tepatnya. Pada pelatihan ini saya mengibaratkan diri sebagai gelas kosong. Gelas kosong yang siap menerima ilmu serta saran  dan kritik dari pemateri dan rekan-rekan. Jika keripik saya senang yang pedas tapi kalau kritik...hehhehe.. siap gak ya.. InshaAllah siap. Sekian perkenalan singkat dari saya, terimakasih sudah berkunjung diblog saya, semoga blog ini bermanfaat. Wassalamualaikum  Wr. Wb.

Konsep Buku Non Fiksi

 Hari /Tanggal : Jum'at / 05 November 2021 Narasumber   :  Musiin, M.Pd. Moderator      :  Ms. Phia Pertemuan      : Ke-15      Tidak terasa sudah 15 pertemuan. Makin mendekati pertemuan ke 20. Yang resume-resumenya nggak pernah bolong, tinggal 5 resume lagi nih untuk target jumlah minimal resume. Kulihat chat dari pak Brian. Hmm... benar juga nih batinku. Yang tadinya pengen nanti aja bikin resume,jadi semangat. Hari ini lumayan menguras energi. Selesai mengikuti 5 hari pelatihan PISA yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, aku segera pulang.  Baru sampai rumah, datanglah beberapa pembeli, yang tadinya kangen kasur akhirnya terlupakan. Dengan ramah kulayani mereka,  seperti kata pepatah pembeli adalah raja. Karena larut dengan keasyikan melayani mereka, yang secara kebetulan mereka datang bergantian, membuatku mau menunda mengikuti pelatihan malam ini. Setelah membaca chat dari pak Brian, seolah mendapat energi baru. kuambil 2 gawai andalanku. Bismil